WISATA ALAM NAN INDAH DI KABUPATEN TAKALAR



Hasil gambar untuk wisata takalarKeindahan Panorama Wisata Takalar 


Perlu teman teman ketahui indahnya berwisata ke takalar teman teman semua dapat di sambut dengan aroma sejuk nan segar akan menyambangi, saat kali pertama kita memasukki kawasan ’Butta Panrannuangku’ Takalar. Beragam obyek wisata yang mengugah hati juga akan menahan kita untuk berlama-lama dikawasan ini. Selain pesona alam, Takalar juga terkenal dengan ragam pesona budaya yang hingga kini tetap terpelihara dengan baik.
Pesona  alam dan keberadaan Takalar sebagai posisi lintasan transportasi wisata antar Makassar, Bira (Bulukumba) dan selayar, menjadikan kawasan ini banyak dikunjungi wisatawa, termasuk wisatawan loka. Guna mewujudnya kawasan ini sebagai daerah tujuan wisata,  aneka obyek wisata dan atraksi budaya menyenangkan dapat Anda telusuri di kawasan yang terkenal dengan masyarakatnya yang berbudaya dan penghasil jagung terbesar di Sul-Sel.


                   adat istidat yang ada di kabupaten takalar                        
 ’’acara Maudu Lompoa Cikoang’’
Mingkin teman teman agak sedikit heran jika melihat acara maudu lompa cikoang,namun disisi lain inilah salah salah satu yang perlu teman teman saksikan jika berkunjung ke Kabupaten Takalar, orang langsung tertujuh pada Acara Maudu Lompoa.  Yang merupakan kegiatan keagamaan yang didalamnya ada perpaduan unsur atraksi budaya dan ritual-ritual dari masyarakat Cikoang, yang bermukim diseputaran Pantai. Kegiatan ini digelar setiap tahun bulan Rabiul Awal, berdasarkan kalender Hijriah, yang tujuannya dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Ritual didalamnya juga syarat dengan nilai-nilai budaya yang terus dikembangkan dan dilestarikan turun-temurung. Untuk sampai ke kawasan ini cukup ditempuh jarak 15 Km dari kota Takalar, atau 55 Km dari kota Makassar. Dan Anda juga dapat melihat secara langsung atraksi menghias perahu yang dipenuhi hiasan telur, bakul anyaman serta berbagai asesoris lainnya, untuk selanjutnya diarak dengan perahu lain ditepian muara sungai Cikoang. Suasana akan lebih semarak saat atraksi kesenian dan perebutan telur mulai digelar. Ratusan perahu yang dihiasi telur akan diperebutkan masyarakat dan pengunjung yang hadir. Dan konon menurut kepercayaan masyarakat seputar sungai Cikoang, setiap orang yang memperoleh aneka jenis makanan yang diperebutkan dari dalam perahu akan memperoleh keberkatan yang berlimpah dalam menjalani kehidupannya.   



'' salah satu pantai nan indah di kabupaten takalar''
Pantai Galesong Utara pada Kabupaten Takalar ataupun yang lebih sering disingkat menjadi Pantai Galut, sudah menjadi pembicaraan banyak masyarakat. Terutama untuk para pencinta serta penikmat wisata pantai. Pantai Galesong Utara setelah menjalani proses make over akhirnya berubah jadi Resort Wisata Pantai Galesong Utara. serta menjadi salah satu destinasi resort wisata pantai yang berada di Kabupaten Takalar. Serta menjadi obyek wisata favorit untuk para penduduk yang berdomisili di Kota Makassar serta Kabupaten Takalar. Dan juga kabupaten-kabupaten sekitarnya, seperti Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bulukumba juga Kabupaten Maros serta kabupaten lainnya.

Di atas lahan dengan luas satu hektar lebih yang terletak di Desa Sampulungan Beru, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Didirikan sebuah tempat wisata pantai yang menggabungkan dari konsep hotel serta resort serta outbond. Dan menjadi Wisata Pantai Galesong Utara yang menyediakan hampir semua fasilitas yang diperlukan oleh para pengunjungnya yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Jaraknya kurang lebih 15 kilometer arah selatan dari pusat kota Makassar. Pantai ini memang kelihatan sedikit berbeda dengan pantai yang lainnya. Suasananya masih lumayan tenang.
‘’Asalmula pantai galesong utara’’
Mulanya kawasan pantai ini tidak banyak dikenal oleh kalangan masyarakat luas. Akan tetapi setelah melakukan beberapa pengembangan serta perbaikan maka dibangunlah kawasan wisata ini jadi sebuah obyek wisata. Yang menggabungkan antara konsep hotel, resort juga outbound. Beberapa fasilitas yang disediakan di tempat ini antara lain mobil ATV, taman outbound, skuter listrik, motor cross mini, sepeda listrik, kamar guna menginap, rumah makan sampai kolam renang. Selain itu di resort ini, Anda dapat pula bermain jetski ataupun banana boat.
Kawasan Wisata Pantai Galesong Utara ini dimiliki serta dibangun oleh seorang pengusaha di Makassar, yang juga termasuk pemilik Supermarket Indomurah. Yang berada di Jalan Sultan Alauddin Makassar, yang juga pemilik dari Kebun Wisata Malino di jalan Poros Malino kabupaten Gowa. Hotel nya didirikan atau dibangun dengan arsitektur bergaya eropa. Yang mana di sekeliling hotel banyak berdiri patung-patung dengan gaya eropa dalam berbagai pose.

                      ‘’Fasilitas Wisata Pantai Galesong’’

Demikian juga pada interiornya, mulai dari Front Office, sampai pada lobby yang terdapat di Lantai I serta Lantai II. Penuh dengan hiasan lukisan-lukisan yang dibuat berdasarkan kisah-kisah yang terdapat dalam Al-Kitab, kitab suci agama Kristen. Akan tetapi untuk yang beragama Islam, anda jangan kuatir, sebab disediakan tempat untuk sholat yang berupa Musholla di lantai tiga. Atau jika mau sholat berjamaah serta sholat Jum’at dapat menggunakan aula di Lantai I.

‘’Tarif dan Akses Transportasi’’

Tiket masuk ke kawasan wisata ini dikenakan tarif sekitar Rp 30.000 per orang pada hari biasa. Saat hari Sabtu, Minggu dan hari libur tiket akan naik sampai sekitar Rp 40.000 per orang. Jika Anda ingin menginap, disediakan pula beberapa pilihan kamar yaitu standar room dengan biaya sekitar Rp 390.000. Dengan dua kasur susun dan juga paket family room dengan tarif sekitar Rp 590.000 (empat kasur susun). Anda Jangan khawatir, karena setiap kamar telah dilengkapi dengan fasilitas AC. untuk akses transportnya, Dari Makassar ke lokasi obyek wisata berjarak kurang lebih  15 kilometer ke arah selatan. Dari bandara, Anda bisa menyewa taksi ataupun kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi. Waktu tempuhnya kurang lebih 20 menit perjalanan.
     ’’Setelah teman teman berkunjung jangan lupa untuk membeli oleh oleh khas takalar’’
Mengunjungi Takalar tak lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh khas tanah  ’Butta Panrannuangku’. Takalar selain dikenal penghasil jagung terbesar di Sul-Sel, juga dikenal dengan masyarakatnya yang ahli dalam pembuatan Guci dan aneka Anyaman khas Takalar. Bahkan Anyaman dan guci yang dibuat telah menembus pasar Nusantara dan Internasional. Diantaranya anyaman Serat Lontara, Songko Guru, Topi, Tas, Kipas, Bakul, dll yang didesainsecara khusus oleh pengrajing. Juga ada Geraba yang berbentuk guci, asbak, vas bungan, hiasan dinding hingga kursi teras, dapat Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Tak lupa pula berbagai guci mungil yang dapat Anda jadikan koleksi pribadi. Tempat kerajinan ini berada di kecamatan Galesong Selatan dan kecamatan Pattalassa

SELAMAT  LIBURAN.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERLIBUR KE PANTAI PUNAGA

NILAI SOSIAL